Friday, December 13, 2013

Tren Online Marketing Beberapa Tahun ke Depan

Tren Online Marketing Beberapa Tahun ke Depan

Apakah satu dasawarsa silam Anda pernah membayangkan akan dapat berbincang-bincang dengan kawan di negeri seberang semudah menyalakan laptop? Dapat memperoleh informasi teraktual nasional maupun internasional tanpa perlu menunggu koran keesokan hari?
Teknologi berkembang begitu pesat hanya dalam hitungan tahun, dan ke depannya masih akan berkembang dengan kecepatan yang sama atau bahkan lebih cepat. Karenanya, bagi Anda sobat e-commerce, perhatikan proyeksi tren online marketing 2014 yang sudah saya sadur dari sejumlah sumber ini. Semoga membantu Anda membuat perencanaan untuk usaha Anda atau bersiap-siap akan perubahan yang mungkin akan terjadi.
  1. Tren perangkat mobile
    Dengan semakin terjangkaunya ponsel pintar, pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia tidak akan menurun dalam waktu dekat. Di seluruh dunia sendiri, pengguna smartphone sudah mencapai kurang lebih 1,1 miliar atau sebanyak 17% dari seluruh penduduk dunia. Lembaga riset teknologi Morgan Stanley bahkan memprediksi pengguna internet mobile akan melampaui pengguna internet PC di tahun 2014. Dengan kata lain, pasar bagi e-commerce hanya akan semakin dan semakin besar. Memastikan toko Anda dapat diakses dengan baik melalui perangkat mobile adalah kewajiban.

  2. Tren search engine marketing
    Meski belum semua memiliki kesadaran untuk menggarap kemunculan nama produk atau mereknya saat ditelusuri dari mesin pencari semacam Google, industri akan semakin menyadari pentingnya peran mesin pencari untuk menuntun para pembeli kepada produknya. Pastikan Anda mengetahui bagaimana agar produk Anda dapat tampil dengan baik dalam mesin pencari— misalnya dengan menggunakan kata kunci yang mudah dikenali sebagai nama produk.
  3. Tren social media marketing
    Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Tumblr, dan masih banyak yang lainnya. Begitu banyak media sosial tersedia saat ini, dan hanya akan semakin banyak dan semakin kompleks saja dalam beberapa tahun ke depan nanti. Tentu saja Anda tak perlu membuat semua, namun bila ada yang kira-kira dapat menghubungkan Anda dengan konsumen sasaran Anda, fungsikanlah!
  4. Tren situs-situs e-commerce
    Saat ini tak sedikit perusahaan atau investor besar yang berinvestasi membangun situs e-commerce dengan infrastruktur serta tampilan yang memadai. Mereka juga mengucurkan dana yang tak sedikit untuk mempromosikannya. Dipastikan, dalam beberapa tahun ke depan situs-situs yang sedang digarap dengan serius ini akan merangkul banyak pembeli online untuk berlangganan kepadanya. Carilah situs e-commerce yang kira-kira tepat untuk menggelar lapak bagi produk Anda.
  5. Salah satu situs e-commerce yang tengah berkembang (Sumber: http://www.tokoon.com/Home/Beranda)
Dan terakhir, mungkin sebuah tips: jangan berhenti mengikuti perkembangan. Ingat Jeff Bezos. Ia membuka Amazon di sebuah ranah yang benar-benar masih baru saat itu, internet. Ketika gerai-gerai buku terbesar saat itu ikut membuka gerai online, mereka terbukti tak bisa menyamai Amazon yang telah melangkah terlebih dahulu.

Selalu berkembang, sobat e-commerce!

No comments:

Post a Comment