Bagi Anda yang punya usaha kerajinan dan ingin
melebarkan pemasaran, jejaring internet benar-benar merupakan suatu berkah bagi
Anda. Manfaatkanlah sebaik-baiknya. Tanpa perlu menyewa lapak sebagaimana usaha
konvensional, Anda dapat menjajakan produk-produk Anda kepada konsumen yang
membutuhkan. Tanpa perlu berlelah-lelah membagi brosur di sana-sini, Anda dapat
memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk/brang kerajinan Anda.
Namun perlu digarisbawahi, gratis dan praktis tidak
berarti mudah. Berikut ini sejumlah tips untuk berjualan kerajinan online yang gemar
saya bagikan dalam seminar-seminar namun baru sempat saya tulis kali ini.
Semoga membantu sobat e-commerce
sekalian.
- Pelajari lautan yang akan direnangi
Internet adalah lautan baru yang belum banyak dipahami oleh orang-orang. Jeff Bezos, sang pendiri Amazon pun tak berani mengatakan dirinya memahami internet. Pelajari, pertama-tama, bagaimana tingkah-polah para pembeli dalam melakukan belanja online, beruntung bila ada teman Anda yang biasa berbelanja lewat situs-situs e-commerce.Pelajari kawan Anda - Pastikan Anda tidak tenggelam
Dengan kemudahan dan kepraktisan berjualan secara online, internet pun diserbu oleh para penjual dari mana-mana. Mengutip istilah W. Chan Kim dan Renee Mauborgne, ia telah menjadi lautan merah bertaburan ikan-ikan lain yang berusaha mencari makan. Pastikan produk Anda tak tertutupi melainkan tampil menonjol di antara kerumunan produk-produk lain, siap memukau mata pembeli online yang melihatnya.Caranya? Pelajarilah produk lain yang menurut Anda menarik ketika mengamati situs terkait. Apakah fotonya yang menarik? Apakah nama produknya yang menarik? Ataukah karena produknya lain daripada yang lain? Merujuk ke poin pertama lagi, alangkah baiknya juga bila Anda memiliki kawan untuk dipelajari perilakunya. - Sebarkan link ke produk Anda.
Dengan tidak diperlukannya biaya hanya modem, laptop, dan niat manfaatkanlah jejaring internet dengan segala fasilitasnya semampu Anda. Cari forum atau komunitas yang kira-kira merupakan pasar potensial produk Anda dan promosikan secara halus kepada mereka produk yang Anda punya. Buat media social, lalu berkawanlah dengan mereka yang kira-kira akan tertarik dengan produk Anda.Pastikan informasi tentang produk Anda dapat dengan mudah dijumpai oleh mereka yang membutuhkannya. Sebarkan link ke berbagai media dan channel yang relevan, jika tidak relevan, maka akan dianggap “spam” atau Anda menyampah. Sehingga orang akan enggan untuk mengklik link yang Anda berikan jika tidak sesuai tempatnya.Sebarkan link produk Anda (Sumber: http://www.tokoon.com/Product/Detail/18406/0/0/2/kerajinan-tangan-1-set-cangkir-gerabah-klasik.html) - Bangun dan jaga kepercayaan
Ketika seorang pembeli memutuskan untuk memesan kepada Anda secara online, ia tak melihat wajah Anda atau barang yang akan dipesannya. Ia boleh dikatakan sedang bertaruh. Jagalah kepercayaan tersebut dengan tidak memberikan informasi yang salah tentang produk Anda atau berlama-lama dalam mengirimkan produk Anda. Saat Anda sudah merampungkan kepercayaan, Anda bukan hanya akan memperoleh langganan yang sulit untuk berpaling dari Anda namun juga direkomendasikan ke kolega-koleganya.
Empat tips di atas inilah yang saat ini sedang saya
ingat. Cukup saya kira sebagai pegangan untuk permulaan. Lain kesempatan, bisa
kita lanjutkan.
Oh iya, tips satu lagi: make that happen!
No comments:
Post a Comment