Seperti yang kita tahu, beberapa pemilik UKM memang mengandalkan kerajinan tangan untuk dijual. Selain bisa dibuat unik, kerajinan juga memiliki prospek lebih untuk dijual ke luar negeri. Nah, kali ini saya akan merunut lima kekeliruan utama yang kerap saya jumpai dari para pemilik bisnis berjualan kerajinan online berikut sejumlah saran untuk memperbaikinya.
- Memilih nama toko yang menyulitkan
Memilih nama toko bagi beberapa orang mungkin terasa seperti memilih nama bayi. Anda ingin memberikannya nama yang unik, khas, dan tidak ada yang menyamainya. Tetapi, camkan selalu sebuah pertanyaan di hati Anda, apakah ini tidak akan menyusahkan pembeli untuk mengingatnya?
Rotan Elok Menawan Nyaman Sekali—apakah orang-orang dapat mengingat nama ini dalam sekali baca atau harus beberapa kali baru ingat?
Kalaupun Anda bukan orang yang memilih nama bisnis online seantusias memilih nama anak, jangan pula malas atau memilih nama seadanya. Ingat, nama yang memudahkan Anda diingat(dan menancap di pikiran)akan memberikan bisnis Anda keuntungan. Berbeda dengan bisnis darat di mana toko Anda bisa diingat dari lokasi Anda, di bisnis online Anda hanya akan diingat dari nama Anda. Seseorang dapat dengan mudah lupa domain Anda, tetapi Anda akan dicari di Google dengan nama Anda.Google akan membantu konsumen menemukan produk Anda - Tidak fokus
Fokuslah. Karena tidak fokus adalah kekeliruan utama yang selanjutnya dalam membangun bisnis online. Saya kenal satu gerai buku kecil yang saat ini sudah melampaui gerai-gerai buku lain di sekelilingnya karena memulainya dengan fokus. Dia dari awal memang mengkhususkan diri untuk berjualan satu jenis buku saja dan dikenal orang karena hal itu. Dia juga paham betul apa yang ia jual.
Fokus akan memungkinkan Anda mudah diingat, dan lagi dibicarakan serta dirujuk oleh kelompok yang memang mencari Anda. Artinya: Anda akan memiliki agen-agen marketing cuma-cuma! Selain itu, peringkat Anda dalam mesin pencarian Google akan ditentukan oleh kepadatan pengunjung laman Anda dan seberapa laman Anda dianggap menjawab pencarian para pengguna. Ini artinya, ketimbang memajang banyak barang di lapak online, berfokus akan lebih banyak manfaatnya! - Tampilan tidak menarik
Komputer atau telepon genggam adalah medium informasi yang semata berdimensi visual. Hindarilah berpikir cukup dengan menaruh foto dan deskripsi seadanya, pembeli kemudian akan datang dengan sendirinya.
Ingat, pembeli tidak mungkin meraba atau mencoba langsung produk Anda. Mereka hanya akan bisa membayangkan dari kesan visual yang diperolehnya dari foto produk Anda, dan deskripsi yang Anda pampang. Karena itu, pastikan selalu tampilan visual toko Anda menarik. Gunakan foto-foto produk yang jernih dan menimbulkan kesan yang kuat, serta cantumkan informasi produk yang lengkap namun tidak terlalu panjang atau bertele-tele. - Tidak menggarap komunitas
Jangan anggap pembeli sebagai pihak yang pasif dan membeli ketika mereka mendapati barang yang sepertinya mereka butuhkan. Para pemilik produk-produk tertentu biasanya akan membentuk jejaring pergaulan di antara mereka sendiri, dan di antara komunitas inilah biasanya mereka berbagi informasi tentang suatu produk. Baik atau buruk citra sebuah produk pun tak jarang ditentukan dari pembicaraan di tingkat komunitas ini.
Nah, memastikan usaha Anda dekat dengan komunitas-komunitas akan memberi Anda sejumlah keuntungan. Pertama, Anda dapat menyebarkan informasi secara lebih efektif, langsung kepada mereka yang membutuhkan. Kedua, kedekatan dengan usaha Anda akan mendorong mereka untuk mempromosikan juga produk-produk Anda kepada para kolega sekomunitas atau, mungkin bahkan, antarkomunitas. Ketiga, Anda mengetahui apa yang mereka inginkan sehingga Anda dapat menghindari pembicaraan negatif mengenai produk Anda.
Komunitas adalah jejaring penting yang mesti Anda genggam. Jangan sampai luput! - Tidak mempromosikan
Meski mungkin sudah banyak yang gencar dalam promosi online, terakhir saya tetap mesti mengingatkan sobat-sobat akan kekeliruan mendasar ini. Internet memiliki sederet perangkat gratis untuk membantu Anda melakukan promosi online, memastikan informasi tentang produk Anda tersedia dan tersebar sebanyak mungkin di internet. Gunakanlah!
Toko e-commerce menyediakan tombol bagikan ke socmed untuk mempermudah Anda. Gunakanlah! |
Sekian tips dari saya. Semoga dapat membantu Anda, sobat e-commerce.
No comments:
Post a Comment