Wednesday, November 27, 2013

Jurus Jitu Email Marketing untuk Online Shop Retailer



Halo! Apa kabar, sobat entrepreneur? Semoga baik-baik saja semuanya ya. Anyway, bagaimana bisnis Anda? Berjalan lancar-lancar saja? Apakah sudah mulai melirik bisnis online? Menjajaki bisnis online? Atau justru sekarang sudah menjalani bisnis online dan jatuh cinta padanya?

Nah, bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia bisnis online, Anda tentu tahu atau paling tidak pernah mendengar tentang email marketing. Apa email marketing itu? Tentu saja seperti namanya, mengenalkan, memasarkan, dan menggoda para calon pembeli melalui jaringan surat elektronik.

Bagi para pemilik toko online, memasarkan produk jualan melalui media tertentu sangatlah dianjurkan. Karena dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan pengunjung toko online Anda tentunya. Dengan begitu, nantinya toko online Anda akan semakin dikenal orang banyak.

Salah satu yang paling vital adalah penggunaan email. Sudah banyak pemilik bisnis online yang menggunakan email sebagai media berkomunikasi dengan pelanggannya. Karena selain hemat biaya, penggunaan email juga lebih tepat guna dan dapat diakses di mana saja. Apalagi di Indonesia belakangan ini sudah semakin banyak masyarakat yang digital savvy, ditambah dengan koneksi internet yang semakin luas jangkauannya.

Lantas, bagaimana taktik yang tepat untuk penggunaan email marketing secara efektif dan efisien? Saya akan bagikan tipsnya untuk Anda:

Anda harus memilah segmen konsumen Anda berdasarkan ketertarikan mereka terhadap hal tertentu.
Sebagai pebisnis, tentu Anda tahu bahwa konsumen Anda datang dari berbagai tempat, berbagai tingkat latar belakang sosial dan pendidikan, beragam usia, dan lainnya. Jadi, alih-alih membuat email marketing yang mampu mencakup semua itu, lebih baik Anda memilah berdasarkan interest atau ketertarikan masing-masing orang karena mereka akan lebih tertarik jika diajak menyimak penawaran yang sesuai dengan apa yang mereka sukai. Anda dapat membuat kuesioner terlebih dahulu untuk mengetahui ketertarikan mereka atau mengambil data mereka langsung dari social media yang mereka miliki. Jika Anda sudah mendapatkan data mereka, Anda akan lebih mudah melancarkan targeted email sesuai dengan ketertarikan mereka.

Tentunya Anda harus membuat konten email yang berkualitas, agar lebih menarik dibaca dan tentunya tidak kehilangan pesan yang ingin Anda sampaikan.
Jangan pernah mengirimkan email dengan konten yang tidak berkualitas. Nantinya bukan dianggap sebagai email marketing yang menarik, justru akan dianggap sebagai spam. Kalau sudah begini, nama toko online Anda justru akan rusak.

Buat daftar penerima email.
Ini yang harus diingat oleh para pelaku email marketing. Buat daftar pelanggan yang memiliki potensi mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Jangan cuma berfokus pada kuantitas pelanggan, namun kualitas pelanggan juga harus bisa Anda maintain. Cobalah berkonsentrasi pada daftar pelanggan setia Anda. Jangan sampai karena mengejar pelanggan baru, Anda jadi kehilangan pelanggan lama.

Jangan lupa untuk membuatnya mudah dibaca. Satu hal yang harus diingat, email yang Anda kirim harus dapat dibaca di perangkat mobile konsumen Anda.
Di era sekarang ini, masyarakat membuka email tidak hanya di PC desktop. Mereka juga sudah mulai berkirim dan membaca pesan di smartphone dan tablet yang dibawa-bawa ke mana pun mereka pergi. Lebih besar kemungkinannya para pelanggan Anda membaca email marketing yang Anda kirim melalui gadget mereka ini. Maka buatlah konten email yang bersahabat dengan versi mobile. Jika Anda menyepelekan hal ini, bukan tidak mungkin ada target market Anda yang justru hilang.

Hanya kirimkan pesan-pesan yang menarik dan relevan dengan tujuan Anda. Jangan terlalu bertele-tele.
Saat membuat pesan email, jangan terlalu banyak mengisinya dengan hal-hal yang tidak penting. Hindari kata yang berbunga-bunga. Yang Anda butuhkan adalah kalimat yang direct dan sesuai dengan apa yang pelanggan harapkan dari layanan Anda.

Ingat, masukkan juga penawaran-penawaran menarik sebagai insentif bagi para pembeli.
Berikan saja penawaran-penawaran bagi para pelanggan setia Anda. Jadikan hal tersebut sebagai salah satu reward bagi mereka dan loyalitas mereka. Dengan begitu, mereka akan tetap senang berbisnis dengan toko online Anda.

Itulah beberapa tips dari saya seputar email marketing. Mudah bukan? Anda dapat langsung menerapkannya pada bisnis Anda. Sudah banyak pebisnis yang mulai meninggalkan cara marketing tradisional yang menghabiskan banyak biaya, dan mulai beralih ke email marketing. Bersiaplah, pahami, dan  bawa gaya marketing toko online ke tingkatan selanjutnya! Selamat mencoba!

1 comment:

  1. Woori Casino, Casino & Spa Review 2021 - ChoGeocasino
    Woori Casino is one of 메리트카지노 the largest casinos in India and provides an authentic way to 우리카지노 enjoy the most popular games around. This unique casino has a 바카라 good

    ReplyDelete