Dipostingan kali ini saya akan membahas mengenai Online Vs Offline Shopping, semoga bermanfaat ya.. :)
Let’s say, jualan Online
adalah membuka lapak di dunia maya, dan jualan offline adalah berdagang secara konvensional, seperti yang sudah
dilakukan selama puluhan bahkan ratusan tahun. Nah, pertanyaannya adalah, mana
yang lebih menguntungkan? Mana yang lebih memudahkan pedagang, dan tentunya
pelanggan?
Masih sulit untuk menemukan
jawaban pasti dari 2 pertanyaan tersebut. Namun satu hal yang pasti,
masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kali ini, saya akan
membahas sedikit plus-minus dari berjualan di toko Online dan toko offline,
alias toko nyata.
Oke, mari mulai membahas. As
you all might know, dengan berjualan di toko Online, biaya jelas menjadi lebih murah ketimbang toko biasa.
Karena tidak ada yang namanya membangun gedung atau menyewa kios. Which
means, Anda bisa menjual barang dagangan dengan harga yang lebih murah, dan
tentu saja mengundang pelanggan untuk lebih semangat berbelanja. Di sini, toko offline
jelas kalah telak karena jelas-jelas membutuhkan investasi yang lebih
besar.
Untuk urusan biaya pemeliharaan
pun lebih murah, dan berjalan beriringan dengan maintaining produk-produk
dagangan. Dengan berjualan di toko Online,
Anda dapat melakukan update dari mana saja, kapan saja. Beda dengan toko
nyata, yang mengharuskan Anda untuk datang ke toko, dan menaruhnya di etalase.
Toko Online juga tidak memerlukan karyawan dalam jumlah banyak, karena
tidak perlu di jaga setiap saat. Semua sudah dilakukan oleh program yang
tersedia. Begitu juga dengan tahap awal administrasi, beberapa toko Online sudah menyiapkan program yang
sengaja didesain untuk melakukan hal tersebut.
Namun tetap ada kekurangan di
toko Online, yang menjadi kelebihan
bagi toko offline. Yaitu trust
issue. Masalah kepercayaan ini memang menjadi problem klasik. Bukan tidak
mungkin bagi orang yang belum terbiasa
berbelanja secara Online, lantas ia
memiliki rasa tidak percaya bahwa barang pesananannya akan sampai. Di sini
keunggulan toko offline, karena para
calon pembeli dapat langsung membawa pulang barang saat mereka selesai
membayar.
Masalah ini yang mungkin harus
segera diubah. Karena toko Online
memang merupakan solusi cerdas di masa modern ini. Di mana para pelanggan dapat
memilih dan membeli barang yang diinginkan, dari mana saja, kapan saja. Lantas
saran saya, kenapa tidak para penjual yang berdagang di toko Online meningkatkan rasa percaya para
pelanggannya, dengan memberi perhatian khusus pada pelayanan mereka? Lantas
untuk para calon pembeli, perhatikan dan pilih baik-baik toko Online yang Anda tuju. Jika reputasinya
sudah terbukti baik, maka tidak perlu lagi ragu
untuk membeli di toko Online
tersebut.
Semoga bermanfaat, dan ayo
kembangkan terus bisnis Online di
Indonesia!
No comments:
Post a Comment